Capaian Pembelajaran Program Studi

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai

Lulusan Program Studi Manajemen  Pendidikan Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:

1. Bertakwa   kepada   Tuhan   Yang   Maha   Esa   dan   mampu menunjukkan sikap religius;

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3. Berkontribusi      dalam      peningkatan      mutu      kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10. Menginternalisasi   semangat   kemandirian,   kejuangan,   dan kewirausahaan;

11. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan;

12. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam    menerapkan    ilmu    pengetahuan    pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia; dan

13. Memiliki  integritas    akademik,    antara    lain    kemampuan memahami  arti    plagiarisme,    jenis-jenisnya,    dan    upaya pencegahannya,    serta   konsekuensinya   apabila   melakukan plagiarisme.

14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility),  pengendalian  diri,  (self  direction),    secara  baik  dan penuh inisitaif di tempat tugas;

15. Bersikap  inklusif,  bertindak  obyektif  dan  tidak  deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;

16. Menunjukkan etos kerja,  tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan pendidikan baik pemerintah maupun swasta;

17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan pendidikan baik pemerintah maupun swasta;

18. Menginternalisasi   semangat   kemandirian/kewirausahaan   dan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan pendidikan baik pemerintah maupun swasta;

B. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Pengetahuan

Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut :

1. Menguasai       pengetahuan       tentang       filsafat       pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan/nasionalisme, keislaman, keindonesiaan dan globalisasi;

2. Menguasai      pengetahuan      dan      langkah-langkah      dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan akademik dan dunia kerja;

3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

4. Menguasai      pengetahuan      dan      langkah-langkah      dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

5. Menguasai  pengetahuan  dasar-dasar  keislaman  sebagai  agama rahmatan lil ‘alamin

6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;

7. Menguasai    langkah-langkah    mengidentifikasi    ragam    upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;

8. Menguasai berbagai teori   pendidikan Islam dan teori-teori lain yang relevan dalam filsafat, psikologi, sejarah dan ilmu pendidikan Islam;

9. Menguasai  teknik  dan  metode  penelitian  bidang  manajemen pendidikan Islam dalam rangka melakukan tindakan ilmiah untuk peningkatan kualitas dan menentukan langkah-langkah yang inovatif untuk memperbaiki tata kelola lembaga pendidikan di berbagai jenis dan jenjang;

10. Menguasai berbagai teori, konsep dan prinsip-prinsip dasar serta struktur keilmuan  manajemen pendidikan Islam yang mencakup bidang kurikulum, SDM pendidikan, sarana dan prasarana, keuangan, administrasi, pemasaran, organisasi atau kelembagaan, keuangan, kearsipan,  dan kehumasan lembaga pendidikan Islam di berbagai jenis dan jenjang pendidikan;

11. Menguasai teori kewirausahaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kreatif, inovatif, dan kompetitif sebagai tenaga administrasi pendidikan;

12. Menguasai    teori    kepemimpinan    pendidikan    Islam    untuk menumbuhkembangkan jiwa dan karakter kepemimpinan profetik sebagai tenaga administrasi pendidikan;

13. Menguasai konsep-konsep dasar  dalam penulisan karya ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini yang layak terbit.

C. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan

C. 1. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Umum

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum Lulusan Program Studi  Manajemen Pendidikan Islam jenjang sarjana (level  6  dalam  KKNI)  wajib  memiliki  kekerampilan  umum  sebagai berikut :

1.  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3.  Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

4.  Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

6.  Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

7.  Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan   supervise   dan   evaluasi   terhadap   penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

8.  Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9.  Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi

10. Menunjukkan    kemampuan    literasi    informasi,    media    dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;

11. Mampu   berkomunikasi   baik   lisan   maupun   tulisan   dengan menggunakan  bahasa  Arab  dan  Inggris  dalam  perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

12. Mampu  berkolaborasi  dalam  team,  menunjukkan  kemampuan kreatif  (creativity  skill),  inovatif  (innovation  skill),  berpikir  kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:

13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;

14. Mampu menghafal dan memahami al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);

15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.

C. 2. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Khusus

Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam jenjang sarjana (level  6  dalam  KKNI)  wajib  memiliki  kekerampilan  khusus  sebagai berikut:

1. Mampu   menganalisis   desain   tata   kelola   perusahaan   untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman;

2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan Islam;

3. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan Islam baik dengan teman sejawat maupun dengan masyarakat umum

4. Mampu    melaksanakan    monitoring,    penilaian   dan   evaluasi pengelolaan pendidikan Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan Islam;

5. Mampu melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan;

6. Mampu   mengembangkan   keprofesian   dan   keilmuan   secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan Islam yang sejati;

7. Mampu     menyusun     school     mapping     (pemetaan     potensi sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen pendidikan;

8. Mampu  menyusun  dan  mengelola  data  dan  informasi  melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan;

9. Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan Islam, yaitu: bidang  kurikulum,  bidang  sumber  daya  manusia  pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran, bidang pemasaran (marketing) pendidikan;

10.    Mampu menulis karya ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini dalam bidang pendidikan dan manajemen pendidikan yang memenuhi standard dan layak diterbitkan.